Minggu, 27 Januari 2013

Senam


SENAM
Menurut arti bahasa , senam adalah terjemahan dari kata “Gymnose” yang berarti telanjang. Dimaksud agar gerakan dapat dengan mudah dilakukan tanpa gangguan sehingga gerakan yang ditampilkan menjadi sempurna. Jadi pengertian senam sendiri adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan sengaja dan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis (Imam Hidayat,1981: 2). Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer dalam masyarakat.cabang olahraga senam sendiri terdiri atas beberapa disiplin. Yaitu: senam Artistic, Ritmik Sportif, Aerobic Gymnastics, dan General. Dalam pembelajaran senam, sukar atau mudahnya suatu bentuk latihan gerakan ditentukan oleh besar kecilnya unsur kelentukan, kekuatan, keseimbangan, dan kelincahan yang terdapat pada bentuk latihan gerakan itu. Dalam hal ini yang menyebabkan sukar dan mudahnya melakukan bentuk latihan gerakan ditentukan oleh atletnya sendiri.
Senam aerobik adalah suatu rangkaian dan latihan-latihan aerobik seperti jogging, running, walking, dan jumping yang disusun sedemikian rupa dengan gerakan dan memperhatikan gerakan-gerakan lengan, pinggang, tungkai yang dapat dilakukan sendiri atau berkelompok (Amrun Bustaman,1992: 5).
Seperti halnya olahraga yang lain,senam aerobik juga memiliki macam-macam dalam latihan yang meliputi:

1.    Low Impact
2.    Mix Impact
3.    High Impact

2.1.1 Senam Low Impact
Sebenarnya Low Impact hampir sama dengan Senam Aerobik dalam variasi gerakannya. Hanya saja, dilakukan dengan irama low (rendah) yaitu lebih lambat. Dengan gerakan-gerakan dasar jalan, tidak ada loncatan sama sekali. Manfaat senam ini sama dengan Aerobik, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan stamina tubuh. Karena sifatnya low, maka senam ini boleh dilakukan siapa saja yang masih mampu untuk melakukannya. orangtua maupun muda boleh melakukannya, karena variasi-variasi gerakannya sederhana dan mudah diikuti.
2.1.2 Senam Mix Impact
Senam ini adalah gabungan dari senam low impact dan high impact. Senam aerobik yang berupa latihan-latihan mix impact aerobic yakni separo waktu untuk low impact aerobic (benturan ringan: salah satu kaki selalu masih berada di lantai) dan separo waktunya untuk high impact aerobic (benturan keras: kedua kaki terlepas dari lantai) dimaksudkan agar peserta tidak cepat bosan. Jika kita melakukan 'baik high maupun low impact aerobik, maka kita menggunakan berbagai macam otot dalam badan kita. Diantaranya otot-otot kaki yang kita gunakan untuk melompat dan juga mengangkat badan serta otot-otot lengan yang menyebabkan jantung memompa lebih keras. Kombinasi low impact dan high impact dapat membantu memperbaiki daya tahan dan kondisi jantung serta peredaran darah kita
2.1.3 Senam High Impact
Senam ini sangat berat dilakukan,karena intensitasnya yang tinggi dan gerakannya yang sulit serta banyak disertai lompatan- lompatan.Sehingga system kardiovaskuler bekerja lebih ekstra dan banyak menguras energi sehingga jika melakukannya cepat lelah.
Aerobic Gymnastics adalah kemampuan untuk menampilkan gerakan secara komplek dan dengan intensitas tinggi yang pergerakannya diiringi dengan irama musik, yang terdiri dari aktifitas aerobik tradisional. Pergerakan yang dilakukan harus menunjukkan gerak yang terus menerus, meliputi fleksibilitas, kekuatan dan pergerakan kaki terdiri dari tujuh basic step, tingkat kesulitan yang tinggi tanpa terkena eksekusi atau pemotongan nilai (FIG, 2005-2008).
2.2 Komponen Aerobic Gymnastics
Dalam cabang olahraga senam Aerobic Gymnastics terdapat komponen yang terkandung didalamnya. Pada saat ini kategori-kategori yang dilombakan dalam Aerobic Gymnastics pada world championship adalah individual women, individual men, mixed pair (couple),dan trio, groups. Sedangkan jumlah peserta dari masing-masing kategori adalah
1.    Individual women pesertanya satu orang atlet putri.
2.    Individual men pesertanya satu orang atlet putra.
3.    Mixed pair (couple) pesertanya satu orang atlet putera dan satu orang atlet puteri.
4.    Trio pesertanya tiga orang atlet, semua atlet putra, semua atlet putri, atau campuran.
5.     Groups pesertanya enam orang atlet, semua atlet putra, semua atlet putri atau campuran.
Podium yang digunakan untuk pertandingan Aerobic Gymnastics dengan ukuran panjang minimal 14 meter, lebar minimal 14 meter dan tinggi antara 80-140 centimeter. Sedangkan lantai untuk kompetisi harus berukuran panjang 12 meter dan lebar 12 meter, dimana untuk kategori individual women, individual men, mixed pairs, dan trio ukuran area kompetisi adalah pnjang 7 meter dan lebar 7 meter. Untuk kategori groups ukuran area kompetisi adalah panjang 10 meter dan lebar 10 meter. Pembatas area kompetisi ini dapat dilakukan dengan memberikan tanda garis hitam berukuran 5 centimeter. Garis hitam pemisah ini termasuk dalam ukuran area kompetisi.
Aerobic Gymnastics merupakan nomor baru dalam dunia senam, nomor ini terdiri atas 12 elemen keterampilan yang memerlukan waktu 1 menit 40 detik hingga 1 menit 50 detik. Unsur yang dinilai adalah penampilan dilapangan, yang meliputi 3 elemen penting yang dinilai dalam Aerobic Gymnastics yang meliputi artistic, execution, dan difficulty.

Hal-hal tertentu yang dipenuhi pada elemen artistic adalah sebagai berikut:
1.    Harus memperliatkan kreatifitas, dan koreografi harus memperliatkan muatan olahraga-olahraga tertentu, berbagai macam gerakan harus mempunyai hubungan yang erat dengan musik, gerakan dan ekspresi menyambung dan menyatu dengan irama musik.
2.     Tema gerakan tidak boleh mengenai kekerasan, rasis, dan seks.
3.    Untuk kategori mixed pairs, trio, dan groups meliputi gerakan partnership (angkatan) pada pembukaan dan penutupan penampilan.
Untuk elemen execution semua garakan harus ditampilkan secara sempurna tanpa terdapat kesalahan sedikitpun untuk menghindari pemotongan nilai, sedangkan untuk difficulty rangkaian gerak harus menunjukkan keseimbangan antara elemen-elemen di udara, di permukaan, dan di lantai. Beberapa hal khusus pada elemen difficulty adalah:
1.    Sebuah elemen yang tidak memenuhi ketentuan minimum juga dihitung dalam 12 elemen tetapi nilainya 0.
2.    Maximum dari 12 elemen yang boleh ditampilkan oleh masing-masing peserta.
3.    Nilai dari difficulty adalah nilai-nilai dari 12 elemen yang ditampilkan.
4.    Semua elemen yang ditampilkan harus dari nama-nama elemen yang berbeda dan tergabung dalam 4 keluarga.
5.    Minimum 1 elemen harus ditampilkan dari masing-masing keluarga dari pengelompokan elemen.
6.    Maximum 6 elemen dilantai (ternasuk mendarat dilantai saat split).
7.    Maximum 2 elemen mendarat dalam posisi push up yang ditampilkan.
Pengelompokan elemen adalah sebagai berikut:
1.    Grup A terdiri push up, leg circle, cut, helicopter, wenson, plio push up, a-frame, flair dan capouera
2.     Grup B terdiri dari support dan levers.
3.     Grup C terdiri dari jump dan leaps.
4.    Grup D terdiri dari grup fleksibilitas yang meliputi turn, balance, high leg kicks, split dan frontal split.
Penilaian pada penampilan Aerobic Gymnastics untuk elemen artistik maksimum 10 poin dengan menggunakan kenaikan nilai 0,1 dimana yang dinilai komposisi dari :
1.    Koreografi dengan nilai maksimum 4 poin yang terdiri dari:
a.    Kesesuaian musik deengan koreografi (maksimum 1 poin).
b.    Intensitas gerakan (maksimum 1 poin).
c.    Kreatifitas gerakan (maksimum 2 poin).
d.     Pergerakan penguasaan lapangan (maksimum 1 poin)
2.    Isi dari Aerobic Gymnastics dengan nilai maksimum 4 poin yang terdiri dari:
a.    Tujuh langkah dasar dan kekhususan isi (maksimum 2 poin).
b.     Transisi dan keterkaitan (linking) maksimum1 poin.
c.    Pemanfaatan ruang (maksimum 1 poin)
3.    Penampilan dengan nilai maksimum 2 poin terdiri dari:
a.    Showmanship (ekspresi) maksimum 1 poin.
b.    Ketepatan waktu (maksimum 1 poin).
Sedangkan untuk elemen execution maksimum10 poin dimana berlaku pengurangan nilai jika terjadi kesalahan- kesalahan, yang dinilai dalam ini adalah kemampuan teknik untuk semua kategori lomba, dan sinkronisasi gerak yang dinilai khususnya pada kategori mixed pairs, trio, dan groups.
Elemen difficulty yang dihitung adalah jumlah elemen yang ditampilkan, 12 elemen pertama yang ditampilkan diberikan nilai oleh wasit dan juri antara 0,1-1 dan jika lebih dari 12 elemen diberikan pemotongan nilai (execution). Jadi jika semua elemen memperoleh nilai maksimum maka memperoleh 12 poin. Jarang sekali ada atlet yang mampu memperoleh nilai maksimal ini. Element of difficulty adalah pilihan, tetapi pada kejuaraan internasional untuk tingkat senior, minimal elemen difficulty memiliki nilai 0,3. Untuk elemen-elemen yang nilainya 0,1 dan 0,2 tidak diperhitungkan sebagai elemen dan dianggap sebagai koreografi.

10 komentar:

  1. Salam kenal Gan
    aerobik Aerobic Gymnastics apakah berbeda dg aerobik pada umumnya di Indonesia?
    dan klo ada info tempat yang menyediakan baju senam murah yang berkualitas mhon infonya ya? thanks :)

    BalasHapus
  2. mat malam silva
    apakah dalam senam aerobic cocok untuk ibu hamil?
    dan mungkin silva tau toko baju senam di daerah bogor yg menyediakan baju senam mrek Crystal?
    Trims saya info selanjutnya

    BalasHapus
  3. salam kenal sis
    apa senam Low Impact,Mix Impact,High Impact itu manfaatnya beda?
    dan apakah sis tau dimana toko baju senam yg menjual khusus merk Body image di daerah surabaya?
    Trims :)

    BalasHapus
  4. salam kenal :)
    klo utk senam aerobic ini mulai populer di indonesia dri kapan yah ?? apkh dri awalny jga sdh mmkai baju senam sperti skrg ini ?? n btw klo tempat yg jual baju senam muslim murah yg berkulitas dmna yah ??
    mkasih, salam sukses :)

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas kunjungan ke blog saya :)
    mengenai senam aerobic gymnastic menurut saya senam ini sama saja dengan senam aerobic lainnya yang ada di Indonesia hanya saja senam aerobic gymnastic ini olahraga dinamis yang serba cepat dan sangat bagus untuk mengembangkan kesehatan dan kebugaran.
    ini kelebihan dari senam aerobic gymnastic
    Aerobic Gymnastics:
    Mengembangkan kelincahan, koordinasi dan percaya diri
    Membangun kekuatan dan fleksibilitas, mempersiapkan tubuh untuk menghadapi tantangan hidup
    Modern, serba cepat dan intens
    Menarik, kreatif dan estetis menyenangkan untuk menonton
    Mengembangkan daya tahan aerobik dalam menyenangkan dan menghibur lingkungan
    Berikan anak Anda awal yang tepat dalam hidup. Biarkan mereka mengalami Senam Aerobic dan menonton rasa percaya diri dan kreatif bakat mereka, datang untuk hidup.

    semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas kunjungan ke blog saya :)
    senam aerobic untuk ibu hamil? senam ini sangat bermanfaat karena gerakan yang disarankan untuk ibu hamil adalah jalan-jalan.
    Manfaat dari senam aerobik ini adalah meningkatkan kebutuhan oksigen dalam otot, merangsang paru-paru dan jantung juga kegiatan otot dan sendi, secara umum menghasilkan perubahan pada keseluruhan tubuh terutama kemampuan untuk memproses dan menggunakan oksigen, meningkatkan peredaran darah, meningkatkan kebugaran dan kekuatan otot, meredakan sakit punggung dan sembelit, memperlancar persalinan, membakar kalori (membuat ibu dapat lebih banyak makan makanan sehat), mengurangi keletiham dan menjadikan bentuk tubuh yang baik setelah persalinan.

    semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  7. salam kenal gan.... menrik tuh artikelnya.... hmmm ngomong2 nich ada yg tau gk tempat jual baju senam terbaru via online....????

    BalasHapus
  8. klo senam aerobic gymnastic menurut saya senam ini sama saja dengan senam aerobic berarti sama-sama memakai baju senam body image unruk aerobik juga ya ..
    terima kasih atas pencerahannya :)

    BalasHapus
  9. Kalau untuk ibu hamil gerakan mana yang paling cocok..
    dan untuk tempat grosir baju senam yamg paling terkenal di darah papua di mana ya...

    BalasHapus
  10. Salam Olahraga,
    wah jenis-jenisnya banyak sekali dan keren-keren.
    oh iya saya mau bertanya, untuk pelopor senam pertamakali di Indonesia siapa dan pada tahun berapa ya? dan klo info mengenai model baju senam crystal terbaru or trend saat ini di mana ya? mhon infonya ya trims :)

    BalasHapus