Minggu, 19 Mei 2013

MInuman khas Indonesia dan Internasional


Minuman khas Indonesia
1. Bajigur
Minuman ini berwarna cokelat dan asli dari Jawa Barat. Terbuat dari kopi, santan, dan gula jawa. ‘Teman’ yang paling pas untuk menikmati minuman ini adalah kacang dan ubi rebus.
2. Es Teler
Minuman ini pertama kali diciptakan oleh Tukiman Darmowijono pada tahun 80-an. Minuman ini terdiri dari campuran es parut, sirup, susu, kelapa, alpukat, dan nangka.


3. Sekoteng
Minuman yang terbuat dari air jahe ini aslinya berasal dari Jawa Tengah. Berisi campuran kacang hijau, kacang tanah, potongan roti dan pacar cina. Minuman ini nikmat disajikan pada saat udara dingin.


4. Es Palu Butung
Minuman khas Sulawesi Selatan ini berwujud unik. Terbuat dari irisan pisang kapok, ditambah bubur sumsum, dan sirup manalagi berwarna merah, dan es serut.


5. Cendol
Nama asli minuman ini asalnya dari bahasa Thailand yaitu chorn dooi yang artinya tolong. Minuman ini berbentuk butiran-butiran hijau yang berasal dari tepung beras.


6. Wedang Ronde
Minuman ini adalah khas kota Solo. Bentuknya sangat menarik, karena di dalamnya kita bias menemukan bola-bola beraneka warna. Rasanya manis pedas, karena kuahnya dibuat dari air jahe, dan gula merah. Sedangkan bola-bolanya dibuat dari tepung ketan dan di dalamnya terdapat kacang tumbuk yang gurih.


Minuman khas Internasional
1. Lemonade
Minuman ini popular dengan sebutanlimun.Bahan dasarnya adalah sari buah limun. Agar penyajiannya lebih manis, para penjual menambahkan irisan jeruk nipis di tepi gelas.


2. Egg Nog
Walaupun minuman ini sekarang lebih popular di Amerika Utara, tapi aslinya berasal dari Eropa. Terbuat dari telur yang dicampur dengan krim, gula, dan susu. Biasanya jadi minuman wajib perayaan di musim dingin, seperti Natal dan Tahun Baru.


3. Chica
Jaman dahulu kala, cewek-cewek diajarkan cara meramu minuman ini di Acllhuasis, sekolah khusus anak perempuan suku Inca. Minuman ini adalah campuran jagung, gula, dan hasil perasan anggur yang diasamkan.. Minuman ini terkenal di kalangan bangsa Spanyol dan Amerika Latin.
4. Ginger Ale
Bisa dibilang ini minuman bersoda favoritnya anak-anak di Barat sana. Soda rasa jahe ini, dipercaya bisa menghilangkan rasa mual akibat naik kendaraan, dan juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan.


5. Bicerin
Minuman hangat ini adalah minuman tradisionalnya kotaTurin, Italia. Terbuat dari espresso, coklat cair, dan susu, yang diminum dari cangkir mungil. Minuman ini terkenal pada abad ke-18.


6. Ocha
Teh hijau dari Jepang ini memiliki Upacara Khusus untuk meminumnya. Walau upacara meminumnya semakin jarang dilakukan, tehnya justru semakin diminati. Karena dipercaya mengandung lebih banyak khasiat dibandingkan teh biasa, makanya teh hijau ini juga jadi populer di dunia barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar