Selasa, 16 Juli 2013

Pilih Blackberry atau Android?

Kebetulan saya adalah pemakai Blackberry dan sekaligus Android, dua sistem operasi untuk ponsel pintar yang sedang booming saat ini di negara kita. Blackberry sempat merajai penjualan ponsel high end sebelum akhirnya dikejar oleh ponsel yang mengusung Android OS dengan merk ternama antara lain Samsung, Sony Ericcson, HTC dll.
Menggunakan kedua ponsel beda OS tersebut adalah pengalaman yang menyenangkan. Lebih bagus dari beberapa ponsel yang pernah saya pakai sebelumnya antara lain OS symbian dan Windows Phone. Blackberry lebih dulu saya pakai, fiturnya sangat bagus untuk corporate karena menawarkan aplikasi email instan, juga layanan Blackberry Messenger (BBM) sangat digemari para pemakai Blackberry. Sampai akhirnya saya menjajal ponsel dengan OS Android karena ingin merasakan sesuatu yang berbeda.
Dengan menggunakan Blackberry dan Android bersamaan saya dapat merasakan beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing dan akan dapat suatu kesimpulan yang mungkin bisa memberi masukan bagi yang bingung memilih di antara keduanya.
Kelebihan Blackberry versi saya:
  • Blackberry lebih mudah untuk menulis pesan baik sms, email, maupun instant messenger lainnya dikarenakan keyboard fisik Qwerty nya. Meskipun Android dengan keyboard virtual juga tidak susah amat, tergantung kebiasaan pemakai. Apalagi ada aplikasi Smart Keyboard yang cukup bagus untuk menulis pesan di Android.
  • Blackberry Messenger (BBM) adalah fitur unggulan Blackberry. Aplikasi ini cukup bagus untuk bisnis dan memasarkan produk karena banyaknya pengguna Blackberry di Indonesia
  • Blackberry dari sisi keamanan lebih baik (ini yang pernah saya baca hehehe..)
Lalu kelebihan Android juga versi saya:
  • Aplikasi Android di Play Store sangat banyak baik berbayar maupun gratis lebih banyak dari yang terdapat di Appworld-nya Blackberry. Aplikasi gratis pun di Android sangat canggih, sebut saja TeamViewer sebagai remote komputer maupun ponsel, SmartKeyboard yang dapat memprediksi kata yang kita tulis bahkan sudah mendukung bahasa Indonesia, MightyText untuk mengetik pesan lewat komputer dll.
  • Untuk menjalankan aplikasi semisal browsing internet lebih mudah karena tinggal gulung layar dan sentuh layar.
  • Aplikasi instant message semua ada kecuali BBM, baik itu Yahoo Messenger, Whats App, Line dll.
  • Tidak seperti Blackberry yang harus berlangganan paket khusus, di Android lebih fleksible asal ada paket internet pasti jalan
  • WhatsApp bisa menggantikan BBM. Jika kita ganti ponsel kontak dari WhatsApp tidak akan hilang jika sebelumnya di backup dulu, tapi jika ponsel Blackberry ganti PIN nya juga ganti sehingga kontak BBM juga hilang semua kecuali ditulis secara manual sebelumnya.
  • Layar ponsel Android umumnya lebih lebar karena tidak adanya keyboard fisik. Ini sangat bagus untuk menjalankan aplikasi misalnya browsing internet.
Jadi dengan kelebihan masing-masing dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Untuk memilih mana yang paling bagus, sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika kita sudah mempunyai teman banyak atau pelanggan banyak di BBM patut kiranya kita mempertahankan Blackberry. Atau seandainya kita banyak bekerja dengan menuliskan pesan yang harus diketik secara cepat, penggunaan Blackberry lebih baik dari Android. Tetapi jika kita tidak mau repot dengan langganan paket data khusus Blackberry atau kita pingin instal aplikasi yang banyak dan canggih, tampilan layar yang lebih luas, Android adalah pilihan yang tepat. Semoga dapat menjadi saran yang bingung Pilih Blackberry atau Android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar