Senin, 01 April 2013

Tips Sederhana Merawat Lensa Kamera agar terhindar dari Jamur

Kembali ke seputar Fotografi nih... kali ini saya tidak akan ngeshare tentang trik foto tapi saya ingin berbagi tips dengan sobat-sobat di sini bagaimana merawat lensa kamera agar tidak gampang berjamur. Saya jelaskan sedikit, mengapa hal ini penting di lakukan? karena lensa yang berjamur akan mengakibatkan hasil foto yang di dapat dari lensa tersebut kurang maksimal karena efek dari jamur pada lensa itu sendiri.
Perlu di ketahui bahwa jamur pada lensa bukanlah jamur yang tumbuh seperti di pepohonan mati yang begitu tumbuh lalu hanya di gosok atau di cabut bisa mati atau hilang... hehehe.. :) ini jamur lensa sob.. di mana jamur itu mengakibatkan flek pada lensa, dan hanya bisa di bersihkan oleh air raksa, yang hanya bisa di lakukan oleh para tukang servis kamera. dan membutuhkan biaya yang cukup mahal, biasanya untuk lensa kit ukuran 18-55mm saja di tarif 100 ribu rupiah. apalagi jika lensa-lensa tele yang super mahal tentunya membutuhkan biaya yang mahal pula, lumayan kan bisa menghemat jika kita tahu caranya. Ikuti cara sederhana berikut ini insyaallah lensa anda awet dan terhindar dari jamur.

1. Siapkan tempat seperti lemari kecil yang di lengkapi oleh sinar lampu kalau bisa jarak lampu ke tempat penyimpanan agak dekat, gunanya untuk menghangatkan kamera atau lensa.


2. Jangan menyimpan kamera atau lensa pada tas di saat peralatan tidak di gunakan karena akan mengakibatkan timbulnya keringat pada lensa ataupun kamera.


3. Gunakan obat pengawet untuk menghindari jamur pada lensa yang bisa di masukan pada tas kamera yang bisa anda dapatkan di toko-toko kamera.


4. Selalu membuka lensa dari body kamera setelah selesai di gunakan dan di simpan di tempat penyimpanan yang sudah di sediakan.


Sepertinya itu saja sob yang bisa saya share di sini untuk kalian semua.. bagi para professional dalam hal perawatan lensa yang baik jika anda ingin menambahkan tipsnya silahkan anda berkomentar, semoga bisa membantu teman-teman semua disini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jejak Fotografer saya mohon maaf jika masih ada salah dalam penulisan artikel, karena saya masih banyak kekurangan tetapi haus akan ilmu dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar